30 September 2019 17:33:43
Ditulis oleh admin

MUSAWARAH DUSUN [MUSDUS] JARING ASPIRASI & GAGASAN WARGA JENGGOLO.

 http//jenggolo-jenu.desa.id. Minggu 29-09-2019. Badan permusawaratan  desa [BPD] desa Jenggolo mengadakan musdus [Musawarah dusun] .Namun kali ini di tempatkan di Balai desa Jenggolo.   Dengan mengundang beberapa unsur lembaga desa lainnya. ada rt,rw, lpmd, tokoh masarakat, tokoh agama. Tak lupa jajaran pemerintah desa kepala desa serta  perangkat desa lainnya. sekalian acara pengenalan wajah baru anggota Lpmd desa jenggolo,  Dari dusun panjen ada Nama  H.Saifunnashir, yang kali ini tetap di posisikan sebagai ketua Lpmd, ada pak Zainuri, Ahmad hasan, dari perumahan ada pak Sukoyo, Pak imam basuki, pak Fatkhurrohman [Gonjol,] Dari dusun gedangan ada pak Kabul suwarno,dan Nur sahid.

Tepat pukul 20.00 wib. acara pun di mulai Ustazdah Nurul hidayati yang juga di periode ini terpilih sebagai anggota bpd Desa Jenggolo, Menjadi pembawa acara pada malam hari itu,  Di awali dengan sambutan ketua bpd. Bapak Abdul Manaf. Disampaikan Bahwa  untuk menggali usulan atau gagasan dari wilayah dusun masing masing ini, Maka kami mengadakan musdus [Musawarah Dusun]. Yang untuk kali ini sengaja kami jadikan satu di Balai desa ini . ujar beliu. Maka mohon maaf bila memang acara musdus ini kok tidak  di adakan  di dusun masing . Karena ide ini awalnya sudah  kami sampaikan ke kadus arif dan bayan Nurkhozin  ketika ketemu di masjid kok beliu beliu ini  setuju, Maka selanjutnya kami konsultasikan ke  bapak kepala desa H.Fatkhul in'am  Dan ,alhamdulillah beliu juga  oke   maka acara ini kami laksanakan.sambung ketua Bpd.

 

 

maka  dari itu monggo nanti di gali sebanyak banyaknya usulan di wilayahnya masing masing. Setelah itu kepala dusun merangkum usulan  itu. Dan setelah itu kadus mewakili dusun masing masig menyampaikan usulan itu.  Kami sebagai Bpd baru senantiasa mempelajari aturan atau perundang undangan, Dan tak lupa juga mencari masukan atau sharring pada teman Bpd desa lain, Tujuan kami adalah bagaimana kita bisa melangkah dalam  koridor atau  aturan,  Maka proses musdus inilah yg kita awali sebelum nantinya  melangkah ke tahapan Musrenbangdes, tegas nya, 

Kemudian di lanjutkan sambutan kepala desa H, Fatkhul in'am , Pertama di sampaikan ucapan terima kasih  yang sebesar besarnya kepada semuanya Yang telah hadir, ini adalah wujud perhatian kita semua pada desa ini. Bagaimana baiknya  desa ini kedepan , Tentunya gagasan panjenengan inilah yang kami  harapkan ,ujar beliu.  Selanjutnya perlu juga kami sampaikan , Bahwa kami kepala desa dan perangkat ini adalah pelayan panjenengan semua, ini selalu kami sampaikan di setiap acara ,Agar panjenengan  semua ini gak takut mengusulkan apa apa demi kebaikan desa  Jenggolo ini.Selanjutnya  tentang pembangunan tahun 2019 ini adalah hasil dari musdes tahun 2018 lalu, yang artinya adalah era pemerintah yang dulu.  untuk pembangunan tahun 2020 monggo di usulkan di musdus ini, Setelah semua usulan masuk nanti akan di bahas lagi di MUSRENBANGDES .Selanjutnya untuk memilah milah mana yang di dahulukan, atau istilah kerennya skala prioritas nanti akan di Bentuk team sebelas. Nanti team sebelas inilah yang akan membuat perengkingan dari usulan panjenengan semua. Dan team inilah yang nantinya  akan membuat RPJMDES dan RKP desa. tegas kades .

Kemudian acara di lanjutkan dengan musawarah yang di pandu langsung ketua bpd,  Di persilahkan kadus masing masing untuk mwnyampaikan usulan, Giliran pertama Dusun Kajongan yang di wakili oleh ketua  Rt 10  Rt 11 ada pak koyo,pak sholeh,pak imam baasuki,ghoni, masing masing dengan bermacam macam gagasan dan usulannya ; Ada yang mengusulkan tentang pembangunan  drainase, jalan lingkungan, ada yang usul tentang kegiatan ibu ibu pkk .yang perlu bantuan dari pemdes,  Dan banyak usulan lainnya, Di sela sela acara salah satu peserta rapat mengusakan , agar acara tidak berlarut larut bagaimana kalau satu dusun di wakili satu kadus saja, Dan bila kadus gak datang maka wakilnya satu saja,  ujarnya.

Maka usul dari peserta itu di setujui semua anggota musdus malam itu.  Menginjak acara selanjutnya giliran wilayah dusun Panjen ,yang malam itu hadir Pak wo  Muhamat arif rohman, Di sampaikan oleh pak wo , dia tidak akan membacakan rangkuman usulan masing masig Rt, Namun akan di rangkum dan di bawa ke forum Musrenbangdes saja, kata nya,, Disambut tepuk tangan oleh semua peserta, pertanda setuju dengan langkah pak wo, yang tidak membacakan usulan itu, agar rapat tidak lama lama. Katanya. Kemudian dilanjutkan giliran kadus Heri purwanto yang mewakili dusun gedangan.. dengan agak tersenyum Pak wo heri pun menyampaikan idem atau sepakat dengan pak wo panjen . dia akan membawa semua usulan ke forum musrenbangdes saja.   akhirnya pukul 22,00  acarapun di tutup do'a yang pada malam itu di sampaikan oleh Kepala desa Jenggolo H.Fatkhul in'am. [NK]

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus