30 April 2019 10:02:56
Ditulis oleh admin

Khusu'nya Wisuda Santri Di Desa Jenggolo

http://jenggolo-jenu.desa.id - Sebanyak 50 santri dari TPQ Baiturrozak, Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Tuban diwisuda pada Minggu (28/4), malam di masjid desa setempat.

Wisuda yang ke 17 tersebut menjadi momen sejarah tersendiri bagi santri yang mengenyam pendidikan agama di taman belajar Quran (TPQ) itu. Setelah 6 tahun belajar ilmu agama dasar, santri dinyatakan lulus dengan beberapa ujian dan predikat. 

Setiap santri diwajibkan dahulu melaksanakan serangkaian ujian. Baik teori maupun prakter sesuai ilmu yang telah ditelurkan dari sang UStad/UStadzah.  Nantinya, ilmu tersebut mampu diaplikasikan dalam sehari- hari. Bahkan bisa digethok tularkan kepada adik kelasnya. 

Dalam kesempatan bahagia itu, Salah satu wali santri juga turut menyumbangkan komentarnya. Yakni, Nur Khozin (45), warga RT. 03/01, Dusun Panjen, desa setempat. Pihaknya merasa bersyukur karena telah memilki anak yang usai di wisuda saat itu. Dinilai, anaknya sudah memiliki dasar agama yang cukup. Baik, bacaan Alquran, aqidah, ilmu toharoh hingga tata krama. Ilmu dasar ini, sangat mendasari seorang anak untuk bisa menjadi anak solih. 

"intinya, anak kita dibelajari disini agar memiliki ilmu agama yang baik. Menjadi anak solih dan berbakti kepada orang tua. Terimaksaih kepada pengajar yang telah mendidik selama ini, " jelas Nur Khozin yang juga perangkat desa itu. 

Sementara itu, Ketua TPQ Baiturrozak, Abdullah Fatkhul Munib menejelaskan cerita adanya perjuangan berdirinya TPQ yang dinahkodainya. Keberadaan TPQ sangat membantu dalam hal urusan pendidikan. Sebab, dewasa ini, ijasah yang dikeluarga TPQ menjadi salah satu persyaratan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

"kita sudah meluluskan ratusan santri. TPQ ini menjadi acuan untuk ke sekolah yang lebih lanjut. Selain ilmu agama yang diperoleh, juga banyak manfaatnya, " singkatnya.

 

Dalam wisuda tersebut, turut hadir Kyai Sholakhul Umam dari Kecamatan Senori yang emmebrikan tausyiah. Intinya, menjadi manusia harus lebihb suka belajar. Baik mengaji, mencintai dan menghafal dan mendengar AL-Quran. (Nur). 

 

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus